Selamat Datang di Blog Sederhanaku d(O_O)b
  • Jangan lupa komen-komen'a ya


10 Tips Ngeblog



Jika Anda baru saja mulai ngeblog dan ingin saran tentang dasar-dasar yang penting tentang aturan-aturan yang akan efektif dalam ngeblog, ada banyak saran untuk diikuti.

Anda harus menyadari bahwa tidak ada "standar" blog dan pendekatan apa yang dianggap benar-benar efektif adalah bagaimana anda berkomunikasi dengan pembaca pesan atau berita diblog anda. Baik blog pribadi sampai blog bisnis ada banyak pendekatan yang secara efektif dapat digunakan untuk membuat blog yang mumpuni. Meskipun, tidak ada aturan yang mutlak bagaimana ngeblog.


1) Tetapkan Topik
Opini pada umumnya diterima pembaca tetapi isi posting didalam blog harus berhubungan dengan tema anda. Apabila anda memiliki keahlian luar biasa pada hal yang humor atau lelucon, sebagian besar pembaca anda akan tertarik pada konten yang berkaitan dengan tema humor atau lelucon yang anda tetapkan. Menentukan topik yang sesuai tema blog anda akan menciptakan pembaca yang setia terhadap blog anda.


2) Jadilah Blog Yang Informatif
Jika Anda mencoba untuk membuat blog mengenai wawasan anda tentang internet, pastikan anda saat ini tidak ketinggalan hal-hal baru tentang topik tersebut. Jika Anda membuat sebuah opini, pastikan opini anda memenuhi syarat untuk diposting, sehingga jelas bahwa konten itu dimaksudkan sebagai editorial.

3) Berita Lama Bukan Lagi Berita Baru
Apabila anda ngeblog setiap hari sangat penting informasi yang disajikan saat ini terbaru dan akurat, menulis artikel atau informasi di blog tentang sesuatu yang terjadi 6 bulan yang lalu, tidak akan menarik untuk banyak orang untuk membaca (BASI COY).

4) Patuhi Jadwal Ngeblog
Buat jadwal ngeblog anda dan patuhi jadwal tersebut. Menyadari bahwa ngeblog membutuhkan waktu dan usaha, buatlah jadwal ngeblog anda agar topik blog anda update. Jika anda telah bekerja keras untuk mengembangkan sebuah pembaca dan komunitas blog pastinya anda tidak ingin kehilangan mereka karena kurangnya komunikasi akibat jadwal ngeblog anda yang tidak menentu.

5) Jelas dan Sederhana
Anda tetap posting di blog anda agar jelas dan mudah dimengerti para pembaca. Ingat, blog itu adalah global, idiom dan akronim tidak selalu membuat semua pembaca mengerti. Kadang-kadang sedikit penjelasan sudah cukup untuk pembaca tahu apa yang akan anda sampaikan.

6) Kaya Akan Keyword (Kata Kunci)
Jika tujuan dari blog Anda adalah untuk meningkatkan visibilitas anda, termasuk kata kunci dalam judul blog anda. Gunakan judul utama sebagai headline anda untuk menarik minat pembaca. Posting yang memiliki judul bagus akan menarik perhatian pembaca, akan tetapi harus relevan dengan posting anda. Judul maksimal tidak lebih dari 10-12 kata.

7) Hal Quantitas
Dalam rangka untuk menarik perhatian mesin pencari, anda perlu untuk mengembangkan konten blog dan substansinya. Headline atau kalimat yang sederhana ini tidak akan menghasilkan minat pembaca dan mesin pencari.

8) Frekuensi Ngeblog
Jika blog anda adalah konten yang sering diperbarui, mesin pencari akan cenderung berkunjung ke blog anda secara berkala.

9) Cek Tata Bahasa
Ngeblog hanya membutuhkan waktu beberapa saat dan anda dapat menyimpan dulu posting anda daripada harus membuat penjelasan tidak karuan. Ingat...apapun yang Anda publikasikan di Internet dapat ditemukan dan diarsipkan. Pikirkan dengan hati-hati tentang apa yang Anda buat sebelum diposting ke blog anda.

10) RSS
RSS akan meningkatkan jangkauan blog anda ke pembaca. Penting agar anda memasukkan sebuah RSS feed di blog anda untuk meningkatkan pembaca blog anda.

Pembaca blog yang paling kecil sekalipun, akan tumbuh besar dengan seiringnya waktu tetaplah update blog anda. Blog anda mungkin tidak pernah memiliki lebih dari ratusan pembaca, tetapi orang-orang umumnya yang tertarik dengan blog anda akan kembali secara berkala untuk berkunjung.


Apabila ada yang kurang berkenan dengan postingan saya, maafkan daku ya...namanya juga Newbie :)





TETAP SEMANGAT YA :)





5 komentar:

Anonim mengatakan...

10 tips ngeblog nya singkat padat dan jelas. Sip! :)

Anonim mengatakan...

Ada kontes SEO buat blogger Indonesia nih! Ikutan gak? Hadiahnya gede loh... :)

HnRian mengatakan...

Thanks atas infonya om Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009


Tetap Semangat Ya :)

Anonim mengatakan...

Harus patuh pada jadwal nge blog, bisanya ga patuh karena kena virus males hehe..

HnRian mengatakan...

Namaya juga manusia...pasti ada rasa bosan :)

Tapi ngeposting kan g harus tiap hari, bisa frekuensinya 1 minggu 3x aja...biar g boring.

Posting Komentar